Pandemi tak menyurutkan semangat untuk terus saling terhubung dan berkolaborasi dalam berbagai aktivitas. Bloggercrony Community mengumpulkan seratus anggota untuk bertemu secara virtual dalam acara  #BloggerDayBloggercrony.

 

Merayakan ulang tahun ke 6 

Enam tahun sudah terlewati. Sebagai sebuah komunitas yang mengumpulkan para blogger dalam sebuah wadah organisasi, Bloggercrony bukan sekadar memberi ruang untuk berkumpul namun juga menciptakan berbagai peluang untuk terus berkembang.

 

Anggota tak hanya pasif menunggu namun juga turut serta berkontribusi dalam berbagai aktivitas. 

 

Tanggal 6 Maret saya berkesempatan mengikuti acara tahunan ini. Blogger day sudah diselenggarakan sejak lima tahun lalu. Sebelumnya acara diadakan secara offline dan mengumpulkan para blogger secara langsung pada sebuah lokasi yang dipenuhi aktivitas seharian. 

 

Virtual Gathering

Tahun ini #bloggerday2021 diadakan #VirtualCommunityGathering untuk merayakan ulang tahun @bloggercrony #BCCJempolan6th 

Jadi #BCCSquad hanya bisa bertemu secara online. Meski tak bertemu secara langsung acaranya tetap seru banget. 

Bayangkan saja sejak  jam 10 pagi sampai jam 5 sore para peserta dengan antusias menatap layar monitor handphone atau PC masing-masing.

Semangat menikmati keseruan acara tak pudar meski harus mengikuti secara online. Nggak ada capeknya. Jangankan lelah letih lesu, justru semakin siang semakin bersemangat. 

Tiap sesi mampu memberikan suntikan energi baru bagi peserta. Bahkan saat diajak jalan-jalan keliling Amerika dalam virtual tour anak-anak pun turut berinteraksi dengan gembira.Keceriaan tercipta dalam komentar-komentar spontan peserta di chat room.

 

Bukan Sekadar Senang-senang

Tak sekadar bersenang-senang. Peserta diajak berdiskusi dalam webinar dengan pembicara keren seputar konten yang bermutu.

Sebagai blogger pengembangan diri sangat diperlukan agar mampu bersaing dengan keunggulan masing-masing. Hal inilah yang terus digali agar masing-masing menemukan signature atau keunikan yang mampu membuat orang langsung mengenali konten yang kita buat.  

Selain itu masih ada satu sesi dengan psikolog membicarakannya SFH ( School from Home) atau PJJ (Pelajaran Jarak Jauh). 

Sudah setahun dijalankan namun bukannya semakin mudah justru semakin berat tantangannya. Anak-anak mulai merasa jenuh. Pun orang tua banyak yang kelabakan. Kelelahan fisik dan mental juga harus menjadi perhatian. 

Orang tua tak bisa menuntut anak jika tak ingin membuat anak tertekan. Sementara menyerahkan semua kepada guru juga tak membawa solusi. 

Faktanya kondisi ini pun terasa berat bagi para pengajar. Selain mereka juga memiliki masalah yang sama karena anak-anaknya menjalani proses belajar yang sama. Mereka juga memiliki keterbatasan. 

Intinya keadaan ini berat untuk semua pihak. Memang tak perlu saling mengalahkan. Yang terbaik adalah berupaya terus mencari solusi untuk masalah yang dihadapi. Bekerja sama antara orang tua dengan guru penting agar sama-sama memiliki pemahaman yang lebih baik 

Tantangan #KeluargaJempolan

Tagar #KeluargaJempolan merupakan wujud penyemangat bagi semua untuk terus bersemangat melalui masa sulit. 

Dengan bersama-sama saling menyemangati dan mendukung Insyaallah kesulitan apapun dapat dilewati.

Hanya ada satu jalan. Terus maju!

Blogger Preneur

Menjadi Blogger memang penuh tantangan. Banyak hal harus dipelajari jika ingin terus berkembang. Namun pengembangan pribadi di luar dunia blogging juga penting. 

Setiap orang memiliki passion yang berbeda. Kemampuan yang bisa dikembangkan secara ekonomi juga menjadi perhatian penting bagi komunitas Bloggercrony. 

Kemandirian finansial anggota menjadi perhatian. Terutama di masa krisis seperti sekarang. Untuk dapat bertahan dalam badai segala cara yang baik harus diperjuangkan. 

Memberikan wadah bagi para blogger yang ingin mengembangkan usahanya Bloggercrony memiliki program Blogger Preneur. Dimana setiap anggota yang memiliki usaha boleh ikut. 

Kesempatan luas diberikan untuk mempromosikan usaha dengan bantuan rekan-rekan blogger lainnya. Sehingga peluang usaha untuk berkembang semakin besar.

Blogger Care 

“Rawe-rawe rantas malang-malang putung”. 

Segala sesuatu yang merintangi maksud dan tujuan harus disingkirkan.

Pandemi adalah rintangan yang harus disingkirkan. Bukan dengan amarah tentunya. Dengan saling mendukung saat ada yang lemah akan memberikan suntikan energi untuk terus bertahan. 

Bloggercrony memiliki Blogger Care program untuk membantu anggota yang sedang mengalami kesulitan. Saat ini memang banyak yang terdampak pandemi. Tak semua orang memiliki kemampuan yang sama untuk bertahan dalam kondisi sulit 

Bentuk perhatian dari anggota untuk anggota adalah kepedulian akan kesulitan orang lain. Berkontribusi semampu dan seikhlasnya. 

Semangat Kolaborasi dalam Komunitas

Menjadi bagian dari suatu komunitas memberi saya banyak kesempatan untuk belajar dan berkembang. Baik dalam hal teknis terkait blogging ataupun pengembangan pribadi 

Secara sosial memiliki jaringan pertemanan yang luas tentu akan membawa keuntungan. Di zaman ini networking menjadi sangat penting. 

Dukungan orang-orang yang memiliki visi yang sama akan sangat berarti. blogger day adalah sebuah acara sarat makna. Semoga  tahun depan masih ada kesempatan untuk mengikuti lagi.

 

Salam

 

Eka Murti

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like