Santan Kelapa Kemasan Praktis dan Higienis untuk Kebutuhan di Masa Pandemi


Masyarakat Indonesia memiliki aneka sajian kuliner nusantara yang lezat dengan campuran santan kelapa. Kebutuhan santan kelapa tak pernah berhenti meski saat ini kita berada dalam masa pandemi dan harus mengadaptasi kebiasaan baru sesuai dengan protokol kesehatan. Bahan pangan yang awet, higienis dengan kandungan nutrisi yang utuh menjadi prioritas. Tentu saja santan Kelapa kemasan menjadi pilihan tepat.

Memberi rasa gurih khas membuat santan kelapa sulit tergantikan. Santan kelapa kemasan yang memenuhi unsur aman dan higienis tentu harus tetap memberi cita rasa santan yang diharapkan.

Solusi Cerdas Kara Santan Kelapa dan Tetra Pak


Virtual Talkshow yang diselenggarakan oleh Kara dan Tetra Pak  telah membuka wawasan tentang keamanan dan higienitas bahan pangan yang dikonsumsi. Selain itu menurut data saat ini sekitar 49% masyarakat menyiapkan masakan sendiri dari rumah. Mulai dari makanan pokok seperti lauk pauk pendamping nasi hingga aneka minuman dan makanan ringan.

Pola belanja yang turut berubah seiring adaptasi kebiasaan baru akibat pandemi ini menyebabkan pergeseran cara berbelanja. Awalnya orang lebih suka langsung mendatangi pasar tradisional atau toko-toko untuk belanja kebutuhan sehari-hari kini mulai bergeser ke pasar modern dan belanja digital.

Produk yang dibeli sekarang adalah yang tahan lama namun dengan kandungan nutrisi yang tetap terjaga.

Nutrisi Tetap Terjaga



Santan kelapa Kara menggunakan bahan kelapa berkualitas dari perkebunan nusantara. Telah melalui proses UHT (Ultra-high temperature processing) dimana dipanaskan 140oC dalam waktu 8-15 detik untuk mencapai kondisi sterilitas komersial telah tercapai (Fo ≥ 3 menit), yang membunuh bakteri jahat dan mikroba Clostridum botulinum, serta mikroorganisme.

Meski dipanaskan dalam suhu tinggi kandungan nutrisinya tetap terjaga. Tidak ada perubahan warna dan rasa sehingga penggunaan santan Kara sama seperti menggunakan santan yang langsung diperas.

Panji Cakrasantana, Marketing Manager Tetra Pak Indonesia memaparkan, “sesuai dengan visi perusahaan kami, Melindungi Yang Baik kami ingin menjawab kebutuhan konsumen yang saat ini tengah mencari produk yang dapat digunakan secara praktis dan higienis sembari melakukan beragam aktivitas di rumah saja”.

Kebutuhan nutrisi menjadi prioritas untuk membangun kekuatan sistem imun tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan kemasan yang terjaga kandungan nutrisinya menjadi pilihan terbaik di masa pandemi. Santan kelapa kemasan Kara memberi solusi cerdas untuk memenuhi konsumsi kebutuhan sehari-hari bahan pangan yang terus meningkat.

Panji juga menambahkan, “Lewat solusi keamanan pangan kami, ibu rumah tangga dan pegiat kuliner tidak perlu lagi ragu untuk memanfaatkan produk ini sebagai bahan dasar dan pelengkap makanan dan minumannya.”

Awet Tanpa Pengawet

Kenedy Hermawan, Brand Manager, PT. Kara Santan Pertama menegaskan bahwa santan Kara dapat disimpan dalam suhu ruang hingga 12 bulan.  Awet tanpa pengawet karena telah melalui proses UHT tersebut. Selain itu adanya enam lapisan kemasan memastikan umur simpannya tetap terjaga tanpa kehilangan rasa, nutrisi, dan tekstur dari santan kelapa secara alami.  

Kemasan yang tersedia dalam beragam ukuran dapat menajdi piluhan bagi pengguna. Jika hanya ingin memakai sedikit saja Kara maka gunakan kemasan sekali pakai. Namun jika ingin memasak dalam jumlah banyak gunakan kemasan besar ukuran 1 liter.

Beragam ukuran ini juga sebagai bentuk kepedulian Kara pada pengguna yang hanya membutuhkan sedikit saja santan, sehingga tidak perlu menyimpan sisa serta menjaga agar produk tetap dalam kondisi baik.


Tips Membeli dan Menyimpan Makanan dalam Kemasan

Membeli dan  menyimpan makanan kemasan membutuhkan ketelitian. Jangan sampai produk yang kita beli tidak sesuai harapan.

  1. Cek tanggal kadaluarsa.
  2. Bila sudah ada logo tetra Pak berarti aman di konsumsi karena telah melalui proses aseptik.
  3. Kondisi kemasan sempurna.
  4. Kemasan Tetra Pak dapat disimpan dalam suhu ruang hingga 12 bulan.
  5. Bila kemasan telah dibuka maka harus disimpan dalam lemari pendingin dan harus. digunakan kembali dalam waktu dekat. Jika sudah rusak lebih baik jangan digunakan lagi.


Praktis dan Higienis

Ibu Sisca Soewitomo yang juga hadir dalam talshow virtual kali ini menjelaskan tips menggunakan santan Kara dalam berbagai masakan tradisional. baik lauk pauk maupun aneka jajanan.  Kemasan yang praktis menajdi pilihan untuk berkreasi di dapur dengan aneka resep.
Saat ini Kara sedang mengadakan kompetisi memasak CFH (Cook From Home) dengan mengusung tema  #WariskanResepJuara yang diadakan secara virtual melalui media sosial Instagram.
Kenedy Hermawan berharap para ibu rumah tangga bisa membagikan resep juara keluarganya atau resep turun temurun kuliner nusantara agar tetap dilestarikan secara kreatif.
Kompetisi ini akan langsung dinilai oleh Kara dan juga ibu Sisca. Pemenangnya akan mendapat berbagai macam hadiah termasuk resepnya ditayangkan di chanel milik ibu Sisca.
Chef Davina tak ketinggalan memberi tips penggunaan santan Kara bagi vegetarian sebagai pengganti Krim. Membuat makanan gurih dan lezat. Selain itu juga mengatakan pentingnya menyediakan santan kelapa kemasan. Di dapurnya santan kemasan merupakan salah satu produk yang harus tersedia untuk memperkuat cita rasa tanpa perlu repot memarut dan memeras santan secara manual.

Uji Coba Kara


Setelah mengikuti talk show virtual saya jadi penasaran ingin melakukan uji coba di dapur. Berbekal kara kemasan sekali pakai saya membuat Sambal Goreng Krecek.  Cukup menggunting lalu tuang ke dalam masakan. Yey! Memasak  menu favorit saya tidak pakai ribet dan lama. Gurih santannya pun terasa nikmat. Makin senang nih, utak-atik resep dengan santan Kara.

Tak sampai disitu saja, karena sedang bersemangat memasak saya pun memasak soto Betawi  makanan tradisional permintaan ibu saya, dan juga dan gulai ayam.Hari ini di rumah seperti berpesta karena saya memasak aneka masakan. Siapa yang tidak bersemangat kalau bisa memasak beragam menu dengan praktis dan cepat?. Tidak perlu sibuk memeras kelapa yang menghabiskan tenaga cukup menggunakan Kara kemasan kecil saja semua beres.

Santan  Kara dalam kemasan Tetra Pak memberi rasa aman bagi pengguna. Taj lagi khawatir tentang keamanan pangan, kandungan nutrisi maupun higienitasnya.

Salam

Eka Murti

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like