Dunia kecantikan merupakan sektor bisnis yang tak lekang oleh waktu. Sejak dulu kaum hawa sudah memiliki cara untuk menjaga kecantikan alaminya. Seiring perkembangan zaman, cara-cara tradisional dipadukan dengan teknologi terbaru menghasilkan teknologi perawatan kecantikan yang semakin memudahkan akses pelanggan untuk memiliki kulit yang sehat sesuai harapan.

Klinik -klinik kecantikan berkembang pesat. Dari skala kecil hingga besar. Bahkan sudah menjadi industri yang menghasilkan devisa bagi negara. Indonesia merupakan negara yang sangat potensial untuk industri Kecantikan mengingat jumlah penduduk yang besar serta semakin meluasnya pemahaman masyarakat untuk melakukan perawatan kulit dengan benar. Mulai dari skincare hingga pemanfaatan alat -alat berteknologi canggih yang bisa memuaskan kebutuhan pelanggan adalah potensi besar yang harus terus dikembangkan. Pelaku industri Kecantikan pun kini tak ragu untuk terus meningkatkan kemampuan serta ilmu di bidang perawatan kecantikan agar tak kalah bersaing dengan negara -negara lain dalam menawarkan paket perawatan yang lengkap.

Terlebih sudah terbukti bahwa meskipun badai pandemi melanda dunia dan mengakibatkan efek samping yang cukup besar bagi perekonomian bangsa, industri Kecantikan tetap dapat bertahan. Potensi ekonomi yang besar dan kuat ini tak boleh dipandang sebelah mata.

Potensi besar inilah yang menjadi landasan ASOSIASI Pengusaha Kecantikan dan Estetika Indonesia (APKEI) dalam menyelenggarakan muktamar pertamanya pada 3-4 Desember 2022 di Hotel Grand Mercure Ancol – Jakarta. bertajuk “Membangun Sinergi, Mengukir Prestasi”. APKEI mengajak pelaku UMKM untuk bangkit dan bertumbuh untuk menopang ekonomi nasional. Seperti diungkapkan oleh dr. Mufiana Ari Utama,M.Si, Dipl, Cidesco, Dipl. Cibtac, Dipl.Cosme selaku Founder APKEI, “Sektorr kecantikan merupakan industri yang terus bertumbuh di masa pandemi, terbukti dengan pertumbuhan konsisten setiap tahunnya. Oleh karena itu, APKEI bersama dengan seluruh anggotanya akan berkontribusi agar kita bisa bertahan di tengah resesi,”

Selain itu juga diungkapkan berbagai hal terkait peran APKEI

1.APKEI dapat menjadi support system

2.Mengukir Prestasi

3.Mengetahui arah kebijakan Pemerintah

4.Memotivasi dan terus berinovasi

Dalam acara yang dibuka dengan kata sambutan dari mantan Gubernur Jakarta H. Anies Baswedan, S.E, M.P.P, Ph.D secara daring ini menghadirkan Menparekraf Sandiaga Uno sebagai pembicara kunci. Selain itu juga ada beberapa pejabat dan pesohor yang menjadi narasumber secara daring

Pada muktamar APKEI kali ini diadakan Talkshow seputar mengelola bisnis kecantikan ditengah krisis dengan memanfaatkan digital marketing serta seluk beluk sertifikasi dan legalitas usaha yang disampaikan oleh Prof. Dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc. Ph.D selaku Stafsus Menkes RI Bidang Ketahan Industri Obat dan Alkes.

Rheyna Beauty Care hadir sebagai peserta Muktamar APKEI mewakili Jawa Tengah. Rina Purwanti Am. Keb Dipl. Cibtac, Dipl. IBSTAA selaku owner dari Rheyna Beauty Care memberikan apresiasi tinggi untuk Muktamar APKEI Pertama. Hal ini tentu saja memotivasi para pelaku UMKM yang ingin mengelola bisnisnya dengan baik dan tepat sasaran.

Pelaku UMKM di sektor kecantikan yang hadir pada muktamar APKEI kali ini juga mendapat berbagai informasi bermanfaat dalam mengembangkan bisnisnya. Dukungan dari Kemenparekraf sangat besar artinya bagi UMKM khususnya di bidang kecantikan. Sehingga pelaku UMKM di sektor ini tak lagi ragu untuk melebarkan sayapnya.

Selain pembicara kunci dan peserta muktamar APKEI turut hadir pula:

1. Ahmad Nawawi Arsyad. S.Si. M.Si – Ketua Umum DPP GEMA MA

2. Dr. Ira Masykura. M.Kes, Dipl. Cibtac – Ketua Perdaweri Sumbar

3. Dr. Danang Ardiyanto, MKM – Praktisi & Peneliti di Bidang Herbal HortusMed Wellness Center B2P2TOOT

4. Founder MS Glow Maharani Kemala

5. Ibu Febi Belinda Sahroni (Pengusaha Kosmetik)

Kegiatan muktamar yang berlangsung selama dua hari ini memiliki jadwal yang padat. Bukan hanya menyimak talk show saja akan tetapi juga banyak kegiatan lain dari pagi hingga malam hari.

Kegiatan di mulai tgl 03 Desember 2022, dari pukul 08.00 – 17.00 WIB berisi (Pelatihan, Workshop dan pengukuhan pengurus APKEI 2022-2027)

Dilanjutkan dengan Gala Dinner pada pukul 19.00 – 22.00 WIB dengan hiburan berupa fashion show.

Pada tanggal 04 Desember 2022, acara dimulai pukul 09.00 – 16.00 WIB yang berisi pengenalan produk alat kecantikan & Sponsor Present.

Dua hari dengan jadwal yang padat tak membuat peserta berkurang antusiasmenya. Justru para peserta semakin bersemangat mengikuti setiap sesi. Hadir dalam muktamar APKEI bukan sekedar acara seremonial belaka namun menambah wawasan peserta yang berasal dari berbagai daerah dengan bekal ilmu yang penting. Tentu saja memperluas jejaring juga menjadi keuntungan tersendiri bagi peserta yang hadir di muktamar APKEI. Para pelaku UMKM bisnis kecantikan bisa saling bertukar informasi dan pengalaman. Hal ini juga merupakan nilai positif agar tidak ketinggalan informasi terbaru. Karena sudah diketahui bahwa perkembangan industri Kecantikan sangat cepat. Sehingga mendapatkan informasi terbaru baik mengenai teknologi maupun produk kecantikan, merupakan hal yang signifikan untuk bisa bertahan dalam industri ini.

Sementara itu dr. Mufiana Ari Utami menegaskan bahwa APKEI terbuka untuk seluruh pelaku UMKM Kecantikan yang ingin belajar, berbagai tips mengelola bisnis, hingga akses pasar. Menurutnya, dengan inklusivitas tersebut APKEI bersama dengan pelaku UMKM Kecantikan akan bisa memberikan nilai tambah bagi ekonomi nasional. Harapannya dengan hadirnya APKEI akan semakin banyak merek produk kecantikan Indonesia yang mendunia dan mampu bersaing dengan produk-produk kecantikan asal Korea, Jepang dan negara-negara lainnya.

Bagi pelanggan yang ingin mendapatkan perawatan kecantikan dari Rheyna Beauty Care bisa langsung datang saja ke Jl. Gatotkaca Bandelan No.1, RT. 03 RW. 08 Klarasan, Taman, Kec. Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52361

Rheyna Beauty Care bisa dihubungi melalui :

Instagram https://instagram.com/rbc_pekalongan.id

https://instagram.com/rheynata_bond

Tiktok https://www.tiktok.com/@rheynabeautycare

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like