Tokio Marine Life Insurance Indonesia
Tokio Marine Life Insurance Indonesia

Seringkali orang mengeluh tentang produk asuransi yang dibelinya. Setelah ditelusuri ternyata kebanyakan orang tak benar-benar memahami apa kebutuhannya terhadap produk asuransi.

Selain hanya mengikuti apa kata penjual asuransi kebanyakan tak memahami jenis-jenis produk asuransi serta manfaat dan batasannya.

Kenali Produk Asuransi dan Manfaatnya

Narasumber Webinar Tokio Marine Life Insurance Indonesia

Tri Djoko Santoso, Ketua Financial Planning Standards Board Indonesia pada acara webinar bersama Tokio Marine Life Insurance Indonesia mengatakan, “Banyak orang yang belum paham aneka produk asuransi dan manfaat bagi diri mereka di masa datang”.

Beberapa orang membeli produk unit link mengharapkan hasil investasi yang besar dalam waktu singkat. Padahal sebenarnya produk ini ditujukan untuk mengamankan biaya pembayaran premi produk asuransi yang kita miliki di masa datang. Hasil investasinya digunakan kembali sebagai dana pembayaran premi.

Perencanaan Keuangan

Setiap orang harus melakukan perencanaan keuangan terkait kebutuhan saat ini dan masa depan. Dalam hal masa depan ada satu yang harus dilindungi yaitu melindungi risiko dari hilangnya pendapatan keluarga akibat kematian pencari nafkah utama.

Untuk itulah diperlukan asuransi jiwa. Sehingga jika terjadi hal yang pasti namun tak diinginkan oleh siapapun yaitu meninggalkannya pencari nafkah utama maka Keluarga yang ditinggalkannya akan tetap dapat melanjutkan kehidupan. Secara ekonomi mereka pun terlindungi.

Bijak Memilih Asuransi Yang Tepat dan Aman menjadi tema webinar yang diadakan oleh Tokio Marine Life Insurance Indonesia.

Webinar ini bertujuan memberi pengetahuan memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih memahami produk dan perusahaan asuransi yang kredibel dan bereputasi demi menghindari berbagai permasalahan terkait asuransi di kemudian hari.

Literasi keuangan masih sangat rendah di Indonesia. Masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana mengelola keuangan baik investasi maupun pengendalian resiko.

Persisnya, Indeks Literasi Asuransi hanya 19,4%, lebih rendah dari Indeks Literasi Perbankan yang mencapai 36,12%.

Perlunya Memahami Fungsi Asuransi Jiwa Secara Menyeluruh

Muhammad Irsan, Head of Agency Training & Manpower Development, PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia menerangkan tentang fungsi asuransi jiwa sebagai sarana perlindungan dan perencanaan keuangan keluarga masa depan.

Berbagai keluhan pemegang polis yang muncul di media sosial dan terjadi di tengah situasi pandemi COVID-19 dengan penetrasi asuransi jiwa di Indonesia yang rendah menunjukkan perlunya semua pihak di industri ini untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Masyarakat harus mulai paham produk asuransi apa yang dibutuhkan dan sesuai dengan kondisi keuangannya. Dengan memahami pentingnya fungsi perlindungan sebagai prioritas utama.

Di Tokio Marine Life Insurance Indonesia, kami mempunyai program pelatihan berkala untuk para tenaga pemasaran. Sehingga mereka bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah. Sehingga tak lagi ada keluhan mengenai produk asuransi yang dibelinya.

Menjual dengan cara yang benar adalah memahami kebutuhan nasabah. Bukan sekedar asal menjual produk asuransi untuk mengejar target. Dengan demikian nasabah merasakan manfaat dari produk asuransi yang dimilikinya.

Sementara itu Tri Djoko menjelaskan, “Dalam perencanaan keuangan, polis asuransi jiwa memiliki peran sangat penting bagi keluarga dari sejak seorang mulai bekerja (income and debt protection), menikah, memiliki anak sampai meninggal (warisan)”.

Pahami Pula Produk Investasi

Selanjutnya, Senior Vice President PT Schroders Investment Management Indonesia Adrian Maulana mengungkapkan, dalam hal berinvestasi, calon investor atau pemegang polis harus lebih dahulu mengenal produk investasi dan profil risiko dari nasabah.

Adrian menjelaskan,  “Sebabnya, tingkat risiko dari setiap jenis instrumen investasi itu berbeda-beda dan disesuaikan dengan profil risiko nasabah. Di sisi lain, peran perusahaan asuransi juga perlu untuk memberikan edukasi kepada calon investor atau pemegang polis, karena mereka mempunyai hak untuk berinvestasi sesuai dengan profil risikonya”

Jadi kedua unsur ini sangat penting agar tidak muncul dispute di kemudian hari. Setiap pemegang polis asuransi jiwa yang juga merupakan produk investasi telah mengerti resiko-resiko yang dihadapi.

Sehingga nasabah dapat melakukan perubahan jenis produk investasinya apabila terdapat perubahan toleransi risiko nasabah yang sesuai dengan isian profil risiko nasabah tersebut.

Pilih Asuransi yang Tepat

Agar produk asuransi yang dibeli sesuai kebutuhan maka nasabah perlu memperhatikan hal ini:

  1. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki proses pemantauan kepatuhan tehadap peraturan yang ketat, memiliki tata kelola perusahaan yang baik dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan asuransi yang terpercaya mampu memberikan informasi yang transparan dan mudah di akses.
  2. Pastikan tenaga pemasar terdaftar dan memiliki sertifikasi keagenan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).
  3. Pastikan telah mendapatkan penjelasan dengan lengkap dari tenaga pemasar dan nasabah telah memahami produk asuransi jiwa yang akan dibeli.
  4. Pelajari isi polis asuransi dengan teliti.

Setelah memahami kebutuhan kita serta profil resiko yang kita miliki maka memutuskan asuransi yang tepat akan menjadi lebih mudah. Selain itu kita bisa mendapat manfaat maksimal dari produk asuransi yang telah dimiliki.

Salam

Eka Murti

 

 

 

 

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like