Menulis di blog memang menjadi pilihan untuk menuangkan buah pikiran dalam bentuk tulisan. Platform blog pun bisa dipilih yang paling nyaman, aneka bentuk tema layout blog yang semakin bervariasi menambah semangat menulis.

Bukan sekadar menuangkan perasaan hati alias curhat menulis di blog juga bisa menjadi sumber penghasilan saat blog dikelola dengan baik. Semakin banyak pembaca maka kemungkinan blog tersebut dijadikan sumber penghasilan semakin besar.

Meningkatkan Pengetahuan Kemampuan dan Sikap Profesional sebagai Blogger

Jika ingin menjadi Blogger profesional maka kita juga harus mempelajari berbagai hal agar blog kita menarik untuk dibaca. Selain tampilan blog yang bagus artikel yang kita tulis juga harus bermakna.

Seperti yang dijelaskan oleh mas Anwari Natari pada sesi sharing dalam rangkaian Blogger Day 2023 yang dilakukan secara online, menulis bukan sekadar apa yang ingin kita tulis saja tetapi harus memiliki pesan bagi pembaca. Apakah tulisan kita dibutuhkan atau tidak oleh pembaca? Pedoman 5W+1H masih berlaku tentu saja, namun untuk menjadikan artikel kita menarik harus ada unsur manfaat yang membuat pembaca tertarik. Misalnya kita ingin menulis profil seseorang narasumber, sebagai blogger kita harus belajar cara mewawancarai. Teknik dan etika wawancara harus dikuasi agar kita mendapatkan informasi yang dibutuhkan sebanyak mungkin, sehingga artikel yang kita tulis berkualitas.

Meningkatkan Kapasitas Blogger dengan Berkomunitas

Salah satu cara mendapat ilmu tentang blog dan menjadi blogger yang mumpuni adalah dengan berjejaring. Berkomunitas memperluas cakrawala kita dalam dunia blogging. Seorang blogger bisa saja yang menulis dan asyik sendiri dengan aktivitasnya, tapi bagi saya dengan berkomunitas kita bisa mendapat kesempatan Skill Set up, meningkatkan Skill Set yang kita miliki.

Jika ingin menjadikan aktivitas blogging sebagai profesi maka kita pun harus punya Skill Set yang dibutuhkan. Ilmu dan informasi lebih cepat diketahui dalam jejaring. Oleh karenanya dengan bergabung dalam komunitas kesempatan menambah ilmu, wawasan dan meningkatkan skill lebih mudah dicapai.

Komunitas Bloggercrony Indonesia

Bloggercrony Community

Komunitas yang saya ikuti selama ini sudah memberikan banyak pencerahan tentang dunia blogging. Awalnya saya pikir menjadi blogger yang penting bisa nulis artikel saja. Ternyata masih banyak hal yang tidak diketahui sebelumnya saya dapatkan dalam Komunitas Bloggercrony Indonesia.

Komunitas Bloggercrony Indonesia memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.”

Bloggercrony menyelenggarakan berbagai event baik online maupun offline untuk mengakomodasi kebutuhan blogger dalam berbagai aspek. Seperti event tahunan Blogger Day bukan sekadar ajang perayaan ulang tahun komunitas tapi juga selalu diisi acara yang bermanfaat seperti talk show dan sharing dengan narasumber kompeten dan kredibel.

Acara Blogger Day tahun ini bisa dibilang unik karena dilaksanakan dengan cara hybrid perpaduan online dan offline. Secara online melalui zoom meeting dan offline dengan fun camp. Meski ingin sekali mengikuti keduanya tapi apa daya saya hanya bisa ikut secara online saja.

Selain sharing dengan narasumber terkait tema kepenulisan event Blogger Day selalu memiliki sesi unik yaitu bloggerperneur. Blogger tak melulu hanya menulis di blog tapi saat memiliki kemampuan di bidang lain yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan bisnis tentu harus dikembangkan semaksimal mungkin. Bloggercrony Indonesia memberikan ruang dan dukungan bagi anggota yang juga pelaku UMKM untuk terus berkembang.

Yups, benar. Masih ada kegiatan lain dalam Blogger Day yaitu berbagi dengan sesama melalui blogger care. Terkadang hidup tak seindah rencana, saat terkena musibah dan kita punya teman-teman yang mendukung maka semua akan terasa lebih ringan. Mempererat ikatan antar member dengan saling berbagi.

Skill set harus dimiliki para blogger agar dapat bertahan di era gempuran teknologi. Terlebih sekarang sudah adal AI (Artificial Inatelligence) yang mampu membuat sebuah artikel. Jika kita tidak memiliki kemampuan “unik” yang membuat pembaca tertarik pada artikel yang kita tulis maka bisa jadi kita hanya akan menjadi penulis tanpa pembaca.

Meningkatkan kemampuan atau Skill Set up harus dilakukan seorang blogger secara terus menerus agar bisa tetap eksis di dunia blogging. Dengan berkomunitas menambah ilmu dan wawasan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Menjadi Blogger profesional memang butuh usaha supaya blogging goals kita tercapai.

Info tentang Bloggercrony Community bisa dilihat di media sosial Instagram/Twitter @bloggercrony

Salam

Eka Murti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Shares:
1 comment
  1. Aku sampe lupa kapan ikutan KOMUNITAs BCC. Yang pasti seneng, karena grubnya aktif. Dan banyak blogger yg rutin share tulisan2nya juga. Dari situ sih aku banyak belajar cara membuat artikel yg bagus, menulis yg enak dibaca. Memang aku belum pernah ikutan eventnya, Krn keterbatasan waktu, tapi dengan join dan BANYAK dapat KENALAN blogger dari KOMUNITAs ini, itu aja udah seneng mbaa 😄👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.