Beberapa kali saya mendengar keluhan, “Duh, cari informasi tentang ekonomi syariah susah banget” atau pertanyaan “Situs yang membahas ekonomi konvensional dan syariah sekaligus ada nggak sih?”. Apakah sesulit itu mendapatkan informasi tentang keuangan syariah di Indonesia?

Situs Bisnis dan Keuangan

Awalnya saya tidak terlalu ambil pusing karena biasanya berita atau iformasi keuangan banyak bertebaran di internet. Namun setelah berselancar kesana-kemari memang pembahasan keuangan syariah belum terlalu masif. Beberapa media online hanya memberitakan secuil kejadian terkini saja.

Beberapa situs keuangan dan bisnis seringkali berfokus pada keuangan atau bisnis secara khusus dan terpisah.  Secara umum situs-situs yang membahas bisnis dan keuangan memiliki fokus pembahasan yang umum seperti berita terkini, investasi dan bisnis.

Beberapa situs bahkan terfokus pada investasi hingga yang menonjol adalah berita saham dan obligasi sementara informasi lainnya hanya muncul ala kadarnya. Sedangkan kebutuhan pembaca saat ini adalah satu tempat untuk mendapat semua informasi yang dibutuhkan secara akurat.

Kebutuhan Informasi Ekonomi Syariah di Indonesia

Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia kian hari menunjukkan peningkatan yang signifikan. Sebagai negara dengan 90% populasi adalah umat muslim membuat ekonomi syariah memiliki peluang berkembang pesat seiring meningkatnya pemahaman dan ketertarikan masyarakat terhadap ekonomi syariah

Oleh karena itu kebutuhan informasi yang terpercaya tentang keuangan syariah di Indonesia pun menjadi semakin krusial. Bukan hanya berita terbaru saja namun juga iformasi akurat yang akan digunakan sebagai pengambil keputusan keuangan pembacanya.

Berselancar di Situs Fortune Indonesia

Hingga saya menemukan sebuah situs yang membahas bisnis dan keuangan global dengan berbagai pilihan kolom artikel dan ada sebuah kolom khusus keuangan syariah.

Siapa yang tak mengenal majalah Fortune? Sebuah majalah bisnis global yang terbit pertama kali di Amerika Serikat tahun 1930. Sejarah panjang perjalanan majalah Fortune sepanjang sejarah perubahan iklim bisnis dan keuangan dunia itu sendiri.

Hingga kini telah menyebar ke seluruh dunia sebagai patron berita bisnis dan keuangan. Majalah Fortune Indonesia terbit pertama kali tahun 2010 lalu.

Saat berselancar di situs Fortune indonesia tersebut saya melihat ada pilihan kolom artikel “Syariah”.

Yes, saya memang skeptis terhadap kolom tersebut. Paling-paling hanya membahas berita terbaru terkait ber-merger-nya beberapa bank syariah di Indonesia saja. Tetapi rasa penasaran membuat saya tetap meng-klik kolom tersebut dan ternyata prasangka saya sebelumnya salah besar.

Artikel-artikel yang ada di sana beragam dari mulai informasi tentang kenaikan biaya umrah hingga pembahasan tentang modal ventura syariah sebagai alternatif pembiayaan untuk UMKM.

Membaca satu persatu artikelnya membuat saya berkomentar “WOW”. Tema seberat modal ventura bisa dijabarkan dengan bahasa sederhana tetap dengan data-data pendukung yang detail dan akurat.

Membaca artikel yang seharusnya berat itu dihubungkan dengan UMKM dengan ringan memberi pemahaman dan pencerahan sekaligus pengalaman berselancar di portal keuangan dan bisnis tanpa mengerutkan dahi dan sakit kepala. Tak salah jika Fortune Indonesia hadir di Indonesia sebagai sumber informasi bisnis yang terpercaya serta penyedia perspektif yang mendalam.

Segmen pembaca yang disasar adalah kalangan pengusaha maupun umum dengan ketertarikan terhadap keuangan dan bisnis.

Namun masyarakat yang hanya sekadar mencari informasi ringan pun ternyata diberi akses dan kemudahan untuk mencerna artikel-artikel yang ada di fortuneidn.

Seperti emak-emak kepo macam saya yang ingin tahu sejauh mana perkembangan ekonomi syariah di Indonesia dalam waktu singkat mendapat informasi yang lebih banyak dibanding mencari masing-masing tema di berbagai situs yang berbeda. Selain menghabiskan waktu dan tenaga, pembahasannya antara hanya permukaan atau justru mendalam dengan berbagai teori yang membuat pusing.

Kolom Artikel di Fortune Indonesia

Selain pilihan kolom artikel Syariah seperti Fortune Indonesia memiliki beberapa kolom artikel lain seperti Market,Business, Finance, News. Tech dan Luxury.

Masing-masing pilihan artikel memberi informasi akurat dengan bahasa yang user friendly serta didukung data-data yang valid.

Kolom artikel Luxury menjadi semacam hiburan bagi saya. Cuci mata dengan dengan aneka artikel yang membahas gaya hidup mewah maupun tempat wisata.

Bagi pengusaha tentu membaca Fortune Indonesia diperlukan untuk menambah wawasan dan informasi bagi pengembangan usahanya. Bagi investor pun demikian informasi adalah hal penting untuk mengambil keputusan.

Sementara bagi emak-emak seperti saya membaca Fortune Indonesia memberi pengetahuan berbagai peluang untuk terus melihat kesempatan di tengah problema yang sedang melanda dunia saat ini.

Jika masih penasaran dengan informasi tentang keuangan maupun bisnis dan perekonomian Indonesia maupun dunia langsung saja klik Fortune Indonesia. Satu situs untuk mendapat semua informasi keuangan dan bisnis termasuk tentang ekonomi syariah.

 

Salam

Eka Murti

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like